Kamis, 03 November 2011

Darah putih pesisir Kalimantan Barat


Hutan bakau atau hutan mangrove. Apa yang ada dibenak kalian kalau mendengar tentang hutan yang satu ini. pasti kita akan berpikir sekumpulan pepohonan besar yang berfungsi sebagai pencegah abrasi. Yap !! hutan bakau bisa dikatakan sebagai darah putihnya semua makhluk hidup loh!! Kenapa? Karena hutan bakau adalah pelindung, agar tidak terjadi abrasi dan pohon bakau mampu menyerap air dengan baik.  Indonesia merupakan Negara yang memiliki hutan bakau terbanyak karena Indonesia merupakan Negara dengan garis pantai terpanjang.  Hutan bakau di Indonesia banyak terdapat di Kalimantan Barat karena provinsi ini terletak tepat di garis ekuator.
Sobat lestari, coba deh bayangin kalau manusia kekurangan sel darah putih di dalam tubuhnya. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami kerusakan yang parah. Begitu pula dengan bumi kita, hutan bakau yang semakin berkurang menyebabkan tatanan alam di bumi ini semakin memburuk.
Penebangan pohon bakau untuk pemanfaatan kayu dan pembuatan tambak udang di hutan bakau, adalah bebearapa kasus di Kalimantan barat yang patut dihentikan. Kegiatan ini dilakukan oleh BAKTERI JAHAT (Oknum yang tidak bertanggung jawab) hanya untuk mengambil keuntungan tanpa memikirkan dampak yan terjadi setelah mereka melakukannya. Beberapa usaha telah dilakukan untuk melestarikan hutan bakau dengan cara menanam kembali pohon bakau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar