Kamis, 03 November 2011

Kapuas Bersih, Kapuas Berseri, Kapuas yang Kunanti.


Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang 1143 m. yang terbentang dari hulu sampai ke hilir yang bercabang – cabang. Sungai Kapuas sebenarnya banyak memiliki keanekaragaman hayati namun karena kecerobohan manusia yang menyebabkan sungai Kapuas menjadi tidak asri.
Sungai Kapuas yang menjadi kebanggaan masyarakat Kalimantan barat, ternyata menjadi salah satu korban pengerusakan manusia terhadap lingkungan.  Tepian – tepian sungai Kapuas yang banyak terdapat pemukiman warga,yang menjadikan Kapuas sebagai tempat pembuangan limbah rumah tangga dan limbah pabrik yang makin mencemari sungai Kapuas. Padahal sungai ini adalah sumber air untuk dipergunakan masyarakat untuk kehidupan sehari – hari.
Bayangkan saja sobat, jika ini terjadi terus – menerus maka kualitas airnya semakin menurun bahkan tidak dapat dipergunakan lagi. Kita sebagai masyarakat dan warga Negara yang baik kita harus menyelamatkan sungai Kapuas dengan cara tidak membuang sampah sembarangan.
Pemerintah seharusnya mengatasi hal ini dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat dapat mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan kebiasaan buruk ini. setelah kita dapat menanggulangi permasalahn ini marilah kita selalu menjaga kebersihan dan keserasian sungai Kapuas ini. jika kita melakukannya secara bersama – sama dan dengan sungguh – sungguh maka, sungai Kapuas dapat menjadi salah satu objek wisata di Pontianak dan dapat menambah pendapatan daerah dengan melalui pembukaan tempat rekreasi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar