Kamis, 03 November 2011

Keelokan Rupa Danau Sentarum


Hello Guys, banyak sekali keindahan dan keelokan alam negeri ini, khususnya di Kalimantan Barat. Ada tempat yang masih belum banyak orang kenal, tapi keindahannya sungguh luar biasa. Tempat ini adalah Danau Sentaarum, tempat ini sangat indah dan elok, mulai dari pemandangannya yang masih alami dan juga keanekaragaman hayatinya.
Danau Sentarum, memiliki banyak spesies tumbuhan maupun hewannya. Tumbuhannhya ada 510 spesies, 33 spesies merupakan spesies endemik dan 10 spesies tumbuhan baru yang hanya ada di tempat ini saja. Hewannya ada 141 spesies yang diantaranya ada yang endemic maupun spesies baru. Di Danau Sentarum memiliki jumlah ikan air tawar terlengkap di DUNIA. Disini terdapat ikan air tawar terkecil,yaitu ikan linut yang berukuran 1-2cm dan ikan air tawar terbesar, yaitu ikan tapah yang panjang tubuhnya hingga mencapai 2m.
Danau Sentarum ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa pada tahun 1981/1982, sedangkan Cagar Alam pada tahun 1983, dan ditetapkan sebagai Taman Nasional pad tahun 1999. Melihat keelokan dan keindahannya, Danau Sentarum dapat dijadikan tempat pariwisata yang dapat memberikan pemasukan daerah yang besar, sehingga dapat mengangkat nama baik daerah Kalimantan Barat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar