Kamis, 03 November 2011

Terbakar api, hutan dan lahanku !!!


 Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki luas hutan terbesar. Bisa dikatakan Indonesia merupakan paru – paru dunia. Terutama di Kalimantan sebagai pulau terbesar ke 3 di dunia yang memiliki jumlah hutan yang luas. Hutan memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup, terutama manusia. Hutan banyak meyumbangkan oksigen untuk bernafas dan sebagai habitat hewan dan tumbuhan yang ada di bumi ini.
Namun, belakangan ini pemanfaatan hutan yang awalnya sebagai penghasil oksigen, malah menjadi boomerang bagi kehidupan makhluk hidup. Manusia yang seharusnya menjadi pelindung bagi kelestarian hutan, malah menjadikan hutan sebagai bahan eksploitasi yang berlebih. Misalnya, penebangan hutan untuk pemanfaatan kayu dan pembakaran hutan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Khususnya di Kalimantan Barat, bukan hanya penebangan hutan yang terjadi , tapi juga terjadi pembakaran hutan, yang secara sengaja maupun tidak sengaja. Di Kota Pontianak, banyak terjadi pembakaran lahan – lahan kosong hanya untuk kebutuhan ekonomi semata seperti, pembangunan gedung, perumahan dan lain sebagainya.
pembakaran hutan maupun lahan yang terjadi banyak menyebabkan dampak buruk bagi semua makhluk hidup. Misalnya kabut asap, yang menyebabkan terganggunya pernafasan karena tingkat kebersihan udara terganggu dan juga menyebabkan tanaman menjadi layu.
Melihat kenyataan  ini, kita sebagai generasi muda yang mencintai kelestarian alam dan lingkungan harus mencegah, menjaga dan mengatasi hal ini bersama – sama, agar kelangsungan semua makhluk hidup menjadi lebih baik dari hari ini. INGAT KEEP OUR FOREST FOR OUR LIFE !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar