Kamis, 03 November 2011

Selamatkan Orang Utan, Si Saudara Kita


Hai sobat lestari! Apa kabar kalian hari ini, tentu baik-baik saja bukan? Tahukah kalian salah satu hewan endemik yang ada di Kalimantan Barat ini? Pasti belum tahu kan? Baiklah kami akan memberi klue, hewan ini memiliki badan yang gemuk, berambut merah kecoklatan, tangannya panjang, kakinya pendek dan kuat menggenggam. Ya, benar, hewan ini adalah orangutan. Orangutan saat ini tersebar di daerah Kalimantan, Sumatra, dan Malaysia. Tapi disini akan dibahas adalah orang utan yang ada di Kalimantan Barat.
Orangutan yang ada di Kalimantan Barat terdiri dari 2 spesies. Nama orangutan ini berasal dari Bahasa Melayu, yang artinya manusia (orang) hutan. Fisik orangutan memiliki kesamaan dengan manusia, misalnya saja, memiliki tangan dan kaki, yang memiliki 5 jari. Kemudian memiliki telinga dan  hidung yang menyerupai manusia serta memiliki indera yang sama pula, seperti penglihatan, pendengaran, pengecapan, perabaan, dan penciuman. Oleh karena itu orangutan merupakan salah satu saudara kita. Namun sayang, populasi saudara kita ini semakin berkurang secara drastis. Ada data yang menyatakan bahwa populasi orangutan di Taman Nasional Danau Sentarum pada tahun 2004 sebanyak 2000 ekor, namun pada saat ini populasinya sudah sekitar 1000 ekor. Sangat memprihatinkan.
Tahu tidak teman apa yang menyebabkan hal ini terjadi. Ini disebabkan oleh pemangsa berdarah dingin yang menangkap, menjual, dan  membunuh tanpa ampun. Mereka adalah MANUSIA. Pembukaan lahan yang besar untuk dijadikan ladang perkebunan sawit dan pertambangan menyebabkan rusaknya habitat mereka dan populasi mereka menurun. Demikian pula, faktor pemburuan oleh manusia…
Namun, upaya-upaya telah dilakukan oleh lembaga-lembaga yang masih peduli terhadap nasib saudara kita ini, seperti konservasi, perawatan dan pemberian kasih sayang. Pemerintah harusnya tidak tinggal diam, seharusnya pemerintah membantu kelancaran dalam penyelamatan saudara kita. Oleh karena itu, mongggo kita selamatkan saudara kita ini dari kepunahan dengan mendukung penyelamatan ini dan kita tanamkan ras kasih sayang terhadap ciptaan Tuhan. Ndak mau kan saudara kita yang lucu bin imut ini hilang di tengah-tengah kita? Ndak mau juga kan anak cucu kita nanti tidak dapat meilhat saudara kita ini. GO SOBAT !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar